Senin, 16 Juli 2018

Alasan Mengapa Cium Aroma Makanan Saja Bisa Bikin Lapar

Agen Sbobet - Berita Unik - Pernahkah Anda tiba-tiba merasa lapar saat mencium aroma makanan lezat yang menggugah selera, walau tidak melihat wujud makanan tersebut? Bagaimana bisa hal itu terjadi ya? Penasaran ya, yuk simak informasi berikut penjelasannya secara ilmiah di bawah ini:
Aroma atau bau makanan lezat yang kita cium bisa menyebabkan produksi air liur meningkat. Itu adalah respon dari syaraf hidung yang menerima aroma lezat kemudian mengirimkannya berupa informasi ke otak.
Sebuah studi tahun 2010 mengungkap bahwa aroma manis atau berlemak bisa mengaktifkan area otak yang berhubungan dengan motivasi. Jadi seseorang akan termotivasi untuk mendapatkan makanan jika mencium aromanya.


Tak hanya itu, bagian otak yang berfungsi mengontrol nafsu makan juga akan aktif saat menerima informasi aroma lezat. Tak heran jika otak pun mengirim sinyal bahwa Anda lapar jika ada aroma lezat yang tercium.
Respon lapar itu akan makin menjadi jika perut Anda sedang kosong, sebab dalam kondisi lapar maka indera penciuman lebih sensitif pada aroma lezat. Itu juga yang jadi alasan mengapa saat lapar orang akan lebih cepat mencium bau masakan ketimbang saat dia kenyang.
Mekanisme otak yang meningkat saat lapar itu disebut juga sistem endocannabinoid.
Studi yang hasilnya telah diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience itu menyatakan bahwa sistem endocannabinoid dapat mengontrol banyaknya asupan makanan, memanfaatkan indera penciuman.
Bahan kimia endocannabinoid diproduksi oleh tubuh untuk fungsi mengirim pesan antar sel. Reseptor atau penerimanya adalah yang terkait dengan sensasi euforia, kecemasan dan rasa sakit.
Itu sebabnya saat hidung mencium aroma makanan lezat atau manis, mekanisme otak bekerja dan meresponnya dengan meningkatkan kepekaan, dan membuat sistem pencernaan mengatakan bahwa perut sedang kosong dan lapar.

Tidak ada komentar: